Minggu, 19 Mei 2013

Profil UKM Bajo Mandiri




 Desa Mola Selatan mempunyai potensi sumberdaya alam sangat besar terutama dibidang perikanan. Sebahagian besar penduduk Desa Mola Selatan  bermata pencaharian sebagai nelayan.  umumnya kaum ibu bergantung pada hasil tangkapan ikan yang diperoleh suaminya. Pemerintah Kabupaten Wakatobi melalui program Coremap II telah meluncurkan dana stimulus berupa dana simpan pinjam yang dikelola oleh Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang ada di desa Mola Selatan. 


Sebelum Program Coremap II ada di Desa Mola Selatan, warga desa saat itu masih banyak yang menggantungkan hidup pada penambangan batu karang, ini menjadi tantangan bagi program Coremap II yang bergerak di bidang konservasi terumbu karang. Dari sinilah para ibu rumah tangga melalui dana bergulir yang dikelola oleh LKM dipinjamkan sebagai modal awal membangun UKM BAJO MANDIRI dengan harapan dapat merubah prilaku masyarakat dari melakukan penambangan batu karang menjadi pengusaha kecil yang mampu berdaya saing untuk membantu usaha suaminya sebagai nelayan. 

Pada Tahun 2007 Program Coremap II Mengadakan Pelatihan Keterampilan pemanfaatan hasil laut,  yaitu cara pembuatan Dendeng ikan, Nuget dan dodol rumput laut. Ilmu yang diperoleh dari pelatihan tersebut oleh ibu Sartini menjadi inspirasi untuk menginisiasi menghimpun para ibu – ibu isteri dari penambang batu karang untuk membentuk UKM yang bernama  BAJO MANDIRI”.  pada tahun 2008 melalui perjuangan yang berat dengan 15 anggota berhasil memproduksi Dendeng ikan, Nuget dan dodol rumput laut yang tetap eksis hingga sekarang.

UKM Bajo Mandiri beralamatkan di Dusun Mekar Desa Mola Selatan Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara Kode Pos 93791, Nomor Kontak :0813 4170 6105 / 085696556030.

produk yang dihasilkan adalah:
  1. Dendeng Ikan
    2.    Dodol Rumput Laut
    3.    Abon Ikan 
    4. Teri Goreng Garing 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar